Pages

Subscribe:

VISITOR

13.11.12

Tips Pengaturan Ruang terhadap Sinar Matahari



Berikut tips mengenai pengaturan ruang terhadap arah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.
  1. Ruang Tidur
Ruang tidur merupakan area untuk beristirahat sehingga perlu direncanakan secara maksimal sebagai ruangan yang nyaman. Anda dapat meletakan posisi ruang tidur di sebelah tenggara sampai arah timur laut supaya mendapatkan sinar matahari yang maksimal di pagi hari. Sedangkan pada sore hari sisi tersebut tidak menerima panas matahari  sehingga ruang tidur akan nyaman sebagai tempat untuk istirahat.
  1. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Anda dapat meletakan ruang bersama 
ini pada sisi barat laut atau barat daya sehingga ruangan terasa hangat dan memperoleh penerangan secara alami. Untuk mengurangi panas pada sisi barat, Anda dapat mendesain ruang tersebut dengan menggunakan material peredam panas atau kisi-kisi angin.
  1. Kamar Mandi
Letak kamar mandi sebaiknya pada sisi barat atau timur, hal ini karena kamar mandi mempunyai tingkat kelembaban yang cukup tinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya. Posisi perletakan pada sisi barat atau timur dapat memberikan sinar matahari alami yang lebih maksimal pada kamar mandi anda.
  1. Dapur
Dapur pada rumah tinggal menjadi tempat untuk melakukan aktifitas memasak sehingga suhu yang ditimbulkan lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya. Alangkah baiknya letak dapur pada sisi utara atau selatan. Perlu dipertimbangkan juga keberadaan ruangan di sekitar dapur supaya tidak mengganggu sirkulasi udara ruangan yang lain.
  1. Ruang Servis
Setelah menentukan posisi ruangan-ruangan utama  kemudian menentukan posisi ruang servis. Posisi barat yang dinilai kurang nyaman bagi aktifitas anda dan keluarga dapat dimanfaatkan sebagai ruang servis seperti ruang cuci dan jemuran. Karena area tersebut dapat berfungsi secara maksimal yaitu memperoleh sinar matahari langsung lebih banyak serta tidak lembab.
Penentuan posisi perletakan ruangan pada suatu rumah tinggal sangat mempengaruhi kenyamanan serta keindahan bangunan. Sehingga perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan agar tercapai kenyamanan dalam huniannya. Juga dipertimbangkan pula  masalah sirkulasi udara dan pencahayaan dalam ruangan tersebut.
Untuk Pemesanan Panel Lantai dan Pemasangan serta Hebel Dinding,
HP                    : 082110689969 / 081315597900
Pin                    : 2AE72287
Email                :  merlibata@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar